RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas / Semester : V /
1 (satu)
Tema / Subtema : Keanekaragaman/
Kebersamaan dalam Keberagaman
Alokasi Waktu : 4
Jam x 35 menit (1 Pertemuan)
Hari Tanggal : -
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca)dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatanya, dan benda – benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
dasar (KD) dan Indikator Pencapaian PJOK
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola
gerak dasar dalam berbagai permainan
dan
atau olahraga tradisional bola kecil
4.1 Mempraktikan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
INDIKATOR
3.1.1 Menyebutkan cara melakukan berbagai ketrampilan melempar
bola
4.1.1 Menggunakan berbagai ketrampilan
untuk melempar bola
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan
seksama siswa dapat memahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
2. Dengan mengamati gambar dengan seksama siswa dapat
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tema yang sedang dipelajari dengan
cermat dan teliti.
3. Dengan memperhatikan teks siswa dapat memahami pentingnya
pemanasan, sebelum memulai permainan atau olahraga inti dengan penuh sikap
disiplin
4. Dengan mempelajari teknik dasar bermainan kasti siswa
terampil dalam mempraktikan teknik dasar bermain kasti dengan
benar dan sportif.
D. Materi
Pembelajaran
1. Gerakan pemanasan
2. Gerak dasar permainan kasti
E. Metode dan
Pendekatan Pembelajaran
Metode
( ceramah, demonstrasi, penugasan, tanya jawab )
Pendekatan
: scientific ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi /
menalar, dan mengkomunikasikan )
F. Media, Alat,
dan Sumber Pelajaran
Media
: gambar
Sarpras
Penjas : Bola kasti, Stick kasti dan cone
G. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
|
No
|
Kegiatan
dan gambar
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Metode
|
Unsur
Karakteristik
|
|
1
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik dan
menanyakan kabar mereka.
2. Berdo’a
3. Guru melakukan presensi
Guru
memberikan apresiasi dan motivasi
4. Apersepsi
1. Guru menanyakan kepada peserta didik gambar apakah yang
ditunjukan? Guru menunjukan gambar orang sedang bermainkasti
2. Guru menanyakan kepada peserta didik gambar apakah yang
ditunjukan? (Guru menunjukan gambar orang sedang melakukan pemanasan)
5. Guru menyampaikan tujuan yang yang akan dicapai
6. Guru menyampaikantujuan yang yangakandicapai
7. Guru menyampaikan tema dan sekenario kegiatan yang akan
dilakukan hari ini
8. Guru memimpin pemanasan dengan permainan sederhana
Guru membuat lapangan persegi yang ukuranya disesuaikan
dengan jumlah siswanya. Kemudian meneunjukdua siswa
untuk menjadi pasang dan anak yang lain menjadi pelari. Pasang bertugas untuk
melemparkan bola dari batas terluar menganai
sasaran yaitu kaki pelari. Pelari berada di dalam
tempat atau dalam lapangan dan pelari
berlari untuk menghindaribola yang
dilempar oleh pasang. Jika ada pelari yang terkena bola maka pelari tersebut
menjadi pasangbersama pasang yang tadi ditunjuk begitu seterusnya sampai
pelari berubah menjadi pasang semuanya.
|
Komando
-
Komando
- Ceramah
- Tanya jawab dan
ceramah
- Ceramah
- Tanya jawab
- Ceramah
-
Ceramah
- Ceramah
- Komando
- penugasan
|
- Disiplin, patuh
- Santun
- disiplin
tanggung
jawab
- - disiplin
tanggung
jawab
- disiplin
tanggung
jawab
- disiplin
tanggung
jawab
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
A. Mengamati
1) Peserta didik
mengamati keterampilan gerak melempar bola dengan ayunan atas, ayunan
samping, dan dengan lecutan melalui pengamatan buku teks pelajaran dan
peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Peserta didik
mengamati keterampilan gerak menangkap bola yang bergulir di tanah, bola
melambung, dan bola lurus melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan
peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3) Peserta didik
mengamati keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dari atas, samping
dan bawah melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik
lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
B. Menanya
1) Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana jalannya bola bila di lempar dari atas
kepala, yang dimediasi oleh guru?
2) Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana jalannya bola bila di lempar dari samping,
yang dimediasi oleh guru?
3) Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana jalannya bola bila di lempar dari bawah, yang
dimediasi oleh guru?
4) Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana posisi badan bila menangkap bola yang
datangnya dari atas kepala, yang dimediasi oleh guru?
5) Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana posisi badan bila menangkap bola yang
datangnya dari samping, yang dimediasi oleh guru?
6) Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana posisi badan bila menangkap bola yang
datangnya menggelundung di bawah, yang dimediasi oleh guru?
C. Mencoba
1) Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola atas, samping,
dan menggelundung ke tanah secara berpasangan mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung
jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak).
Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan
temannya.
2) Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola atas, samping,
dan menggelundung ke tanah secara berpasangan mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung
jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak ke kiri, ke
kanan, ke depan, dan kebelakang. Selama praktik tugas peserta didik 100 menit
untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3) Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola atas, samping,
dan menggelundung ke tanah secara berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung
jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan dalam formasi segitiga. Selama
praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4) Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola atas, samping,
dan menggelundung ke tanah secara berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung
jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan dalam formasi berbanjar. Selama
praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
D. Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik
mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok menemukan hubungan jenis
melempar dan menangkap bola dengan jarak sasaran lemparan.
E. Mengomunikasikan
1) Peserta didik
menerapkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dalam bermain kasti
dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) menggunakan berbagai
keterampilan dasar melempar dan menangkap bola dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru
mengamati peserta didik selama bermain (yang diamati adalah apakah peserta
didik sudah dapat menghubungkan jenis lemparan yang digunakan dengan sasaran
yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh peserta didik akan melempar
bola dengan lemparan dari atas kepala, jika sasarannya dalam jarak pendek,
maka peserta didik akan melempar bola dengan lemparan dari samping.
2) Guru mengamati
jalannya permainan, bila ada peserta didik yang curang (misalnya bola
ditendang dan peserta didik tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras)
langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama
bermain
|
- Komando
- Demonstrasi
- Penugasan
- Demonstrasi
- Penugasan
- Demonstrasi
- Penugasan
- Demonstrasi
- Penugasan
- Demonstrasi
- Penugasan
|
- Disiplin,
tanggung jawab
- Menghargai,
jujur, disiplin, tanggung jawab
- Menghargai,
jujur, disiplin, tanggung jawab
- Menghargai,
jujur, disiplin, tanggung jawab
- Menghargai,
jujur, disiplin, tanggung jawab
- Menghargai,
jujur, disiplin, tanggung jawab
|
|
3
|
Penutup
|
1. Guru menuntun peserta didik untuk membuat lingkaran kecil
2. guru beserta peserta didik bertepuk tangan sambil
menyanyikan lagusayonara dengan bertpuk tangan dan berjalan
memutar sebanyak dua kali dan berputar berlawan arah.
3. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran
permainan bola kecil (kasti)
4. Guru bersama peserta didik menyimpulkan konsep permainan kecil /kasti
5. Guru mengevaluasi proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan
1. Afektif : mengevaluasi peserta didik yang kurang
memperhatikan saat penyampaian materi
2. Kognitif : guru menanyakan kembali teknik yang tadi telah
dipelajari kepada peserta didik
3. Psikomotor : guru menunjuk salah satu peserta didik untuk
mempraktikan materi yang telah diajarkan dan kemudian diperbaiki
kesalahannya.
6. Guru memberi tugas sebagai tindak lanjut
sx
Guru
Menghitung jumlah siswa dan memberi apresiasi
7. Guru mengahiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup
pelajaran
|
- Ceramah, penugasan
- Penugasan
- Tanya jawab
- Tanya jawab
- Penugasan
- Komando
- Komando
- Komando
|
- Menghargai, disiplin, tanggung jawab
- patuh, keberanian, disiplin, tanggung jawab
- keberanian
- teliti, tanggung jawab
- tanggung jawab
- patuh, disiplin
- patuh, disiplin
- patuh, disiplin
|
H.
H. Rubik Penilaian
1. Aspek
Psikomotorik
|
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
KUALITAS
SISWA
|
SKOR
MAKSIMAL
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1
|
Berlari
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Melempar Bola
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Melambunglkan Bola
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menangkap Bola
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Memukul Bola
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Aspek Kognitif
|
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
KUALITAS
SISWA
|
SKOR
MAKSIMAL
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1
|
Pengetahuan Seputar Permainan
Kasti
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pengetahuan Kasti Meliputi
Melempar dan Menangkap
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengetahuan Kasti Meliputi Memukul
dan Melambungkan
|
|
|
|
|
|
|
3. Aspek Afektif
|
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
KUALITAS
SISWA
|
SKOR
MAKSIMAL
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1
|
Berperilaku Jujur, Tolong Menolong
dan Bertanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Bersikap Sportif, Aktif dan
Disiplin
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi
1. Siapa yang tadi dalam mempraktikan gerakan kurang
memperhatikan pak guru?
2. Siapa yang tahu cara bermain kasti?
3. Ayo siapa yang berani maju kedepan untuk mempraktikan
gerakan yang tadi pak guru contohkan?
Semarang, 5 November 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mapel PJOK
Prof.Dr.Arief B.Y., M.Ed Viki Ramadhan, M.Kes,M.Fis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar